KEPEGAWAIAN

Dalam rangka pemahaman tentang tata cara melakukan pengunggahan Karya Ilmiah (Tugas Akhir/ Skripsi, Tesis) di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UPN Veteran Jakarta, UPT. Perpustakaan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan Unggah (Upload) Mandiri, Senin (26/7/2021).

Sosialisasi dan pelatihan ditujukan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan wisuda pada periode ke-67 TA. 2020/2021 semester genap. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang II Drs. Munasiron Miftah, MM. dan yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Saidun Sinaga, S.I.P dan Muamar Khadafi, S.IP  yang mewakili UPT Perpustakaan.

Dalam sambutannya Drs. Munasiron Miftah, MM mengatakan, kegiatan sosialisasi dan pelatihan   dilakukan agar mahasiswa faham mengenai tata cara melakukan pengunggahan Karya Ilmiah serta persiapan-persiapan yang harus dilengkapi untuk melakukan pengunggahan. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu syarat untuk menerbitkan SK Yudisium adalah telah selesai melakukan pengunggahan Karya Ilmiah dan bebas pinjaman buku di Perpustakaan. Maka dengan dilakukannya kegiatan ini mahasiswa memahami tata cara pengunggahan dan diharapkan tidak terkendala dalam melakukan pengunggahan Karya Ilmiahnya yang sesuai dengan pedoman-pedoman yang berlaku.

Lebih lanjut Saidun Singa, S.I.P mengatakan bahwa unggah mandiri adalah salah satu layanan yang disediakan oleh UPT. Perpustakaan untuk pengumpulan Karya Ilmiah dengan memanfaatkan teknologi informai secara mandiri melalui sistem Repository UPN Veteran Jakarta. Selain itu, layanan unggah mandiri bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi sivitas akademika dalam menyelesaikan administrasi yang telah ditetapkan dan juga upaya mewujudkan green campus melalui paperless thesis.

Untuk materi sosialisasi dan pelatihan unggah madiri dijelaskan oleh Muamar Khadafi, S.IP. Dalam materi ini dijelaskan mengenai persiapan dan langkah melakukakan pengunggahan di sistem, mulai dari cara akses, masuk ke sistem respository, dan juga langkah melakukan pengunggahan yang sesuai dengan pedoman yang ditetapkan.

 

Lebih lanjut dijelasakan, bahwa UPT. Perpustakaan telah menerbitkan buku pedoman serta video tutorial unggah karya ilmiah yang dapat diakses melalui website perpustakaan agar mahasiswa terbantu dalam melakukan setiap proses pengunggahan.

Dokumentasi Sosialisasi Unggah Mandiri KI bagi Mahasiswa FEB UPN Veteran Jakarta