KEPEGAWAIAN

Untuk kelancaran pengunggahan karya Ilmiah mahasiswa ke sistem repository, Pada Kamis, 23 September 2021, UPT. Perpustakaan mengadakan sosialisasi tips and trick unggah karya ilmiah kepada mahasiswa yang akan wisuda periode ke-67 melalui zoom meeting yang dihadiri 193 peserta.

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan arahan tentang tahapan unggah dan penyelesaian masalah dalam proses pengunggahan karya ilmiah di sistem repository.

Sosialisasi dimulai dengan sambutan dari Kepala Perpustakaan, Fajar Nugroho. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah untuk meminimalisir kesalahan dan kendala mahasiswa dalam mengunggah karya ilmiah ke sistem repository. Disampaikan juga bahwa penjelasan ini diharapkan mempercepat proses pengumpulan karya ilmiah mahasiswa dan menjadi sarana komunikasi UPT. Perpustakaan kepada mahasiswa.

Dilanjutkan dengan penjelasan materi unggah karya ilmiah oleh Muamar Khadafi selaku pustakawan. Beliau memaparkan tahapan unggah dimulai dari persiapan, yaitu menyangkut dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi sebelum melakukan unggah KI, berikutnya ditampilkan data kesalahan yang sering muncul dalam penulisan KI yang harus diperhatikan. Selanjutnya dijelaskan langkah melakukan perbaikan serta cara cek kelengkapan.

Selain itu, Muamar Khadafi juga melalukan demonstrasi proses unggah karya ilmiah dan cara mengatasi kesalahan yang sering menghambat proses verifikasi karya ilmiah.

Setelah penjelasan dari pembicara selesai, moderator mempersilakan peserta yang ingin bertanya. Penanya pertama, Tesa bertanya mengapa ia belum mendapatkan umpan balik review padahal sudah melakukan unggah karya ilmiah, Dafi mengatakan bisa jadi karena belum klik deposit item saat tahap unggah yang terakhir, Saidun menambahkan bahwa proses review harus di tunggu terlebih dahulu, karena akan dilakukan pengecekkan bertahap oleh reviewer.

Penanya kedua, fadli mengatakan bahwa ada persyaratan validasi yang memerlukan tanda tangan dari kepala perpustakaan, apakah perlu dan apakah setiap fakultas berbeda dalam ketentuannya. Fajar menjawab bahwa untuk sekarang tidak lagi perlu untuk tanda tangan tersebut dan ketentuan tiap fakultas berbeda sehingga dapat ditanyakan kepada kaprodi terkait pedomannya.

Sesi bertanya ditutup, moderator memberikan informasi bahwa selepas kegiatan ini, UPT. Perpustakaan akan membuka layanan KERIS (Kelas Repository) yang akan memfasilitasi mahasiswa yang ingin bertanya lebih banyak dan dibimbing melakukan unggah karya ilmiah di sistem repository.upnvj.ac.id

Dokumentasi Sosialisasi TIps and Trick Unggah Mandiri KI

Untuk info lebih lanjut mengenai kelas repository. Silakan kunjungi akun sosial media UPT. Perpustakaan :
Ig : perpustakaanupnvj
Fb : Perpustakaan Upnvj